PAT Daring (08-10 Juni 2020)

PAT (Penilaian Akhir Tahun) tahun pelajaran 2019/2020 diselenggarakan dengan daring melalui aplikasi Edubox SMANSA pada laman http://edubox.sman1bdg.sch.id/. PAT akan dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 8, 9, 10 Juni 2020.

PAT SMAN 1 Banudng sekarang ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dengan dilatabelakangi adanya surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 tahun 2020 terkait asesmen jarak jauh akibat adanya pandemi Covid-19 di Indonesia. Selain itu, SOP Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat yang diujikan adalah kolaborasi antar mata pelajaran.

SMA Negeri 1 Bandung berinisiasi untuk bentuk soal yang dipakai pada PAT tahun ini adalah AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) yang bertujuan untuk memperkenalkan bentuk-bentuk soal persiapan UTBK. Seperti yang ketahui bahwa salah satu arah kebijakan baru yang digaungkan oleh Mendikbud dalam memerdekakan belajar adalah dengan mengganti Ujian Nasional (UN) menjadi Asesmen Kompetensi dan Survei Karakter.

Asesmen tidak lagi dilakukan berdasarkan mata pelajaran atau penguasan materi kurikulum seperti saat ini. Asesmen dilakukan untuk pemetaan terhadap dua kompetensi minimum siswa yaitu literasi dan numerisasi.

Berikut ini kelompok mata pelajaran yang dikolaborasikan untuk pelaksanaan PAT SMAN 1 Bandung:

  • Kelompok Mata Pelajaran Umum: Budi Pekerti, PKn, Seni Budaya, PKWU dan PJOK
  • Kelompok Mata Pelajaran Bahasa: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Sunda
  • Kelompok Mata Pelajaran Peminatan IPA: Kimia, Biologi, Fisika dan Matematika
  • Kelompok Mata Pelajaran IPS: Ekonomi, Geografi, Sosiologi dan Sejarah